Jumat, 04 November 2011

Asupan Tinggi Kalsium dan Vitamin D dapat Mengurangi Gejala PMS

      Pre Menstrual Syndrome (PMS) biasa terjadi pada banyak kaum hawa. Sekitar 8 hingga 20 persen perempuan menderita gejala yang ringan hingga parah sepekan atau dua pekan sebelum mulainya siklus bulanan. Gejala tersebut termasuk perubahan fisik dan emosional. Keluhan tersering berhubungan dengan mood, misalnya merasa sangat jengkel atau kesel dan ingin marah-marah.
     Gejala PMS dapat dikurangi dengan cara meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D. Kalsium bekerja di dalam otak untuk mengurangi depresi atau rasa cemas, sedangkan vitamin D juga bisa memengaruhi perubahan emosi. Menurut WebMD, perempuan dengan asupan kalsium dan vitamin D terbanyak hanya sedikit yang terkena gejala PMS.
      Rekomendasi untuk kalsium adalah 1.200 mg per hari dan 700 IU vitamin D. Jumlah tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi sedikitnya tiga porsi makanan kaya kalsium, misalnya susu rendah lemak, keju, yoghurt, jus jeruk yang telah diperkaya kalsium, atau susu kedelai. Asupan vitamin D yang berasal dari makanan saja tidak akan mencukupi jumlah rekomendasi tersebut (ikan salmon dan susu yang telah diperkaya vitamin D adalah sumber yang bagus) sehingga perempuan juga disarankan untuk minum suplemen vitamin D sebagai sumber tambahan. Suplemen tersebut bisa berupa multivitamin atau hanya vitamin D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar